Jenis-Jenis Layanan Hosting untuk Keperluan Website

layanan hosting ketik

Layanan web hosting merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk penyewaan server. Yang nantinya digunakan untuk menyimpan konten multimedia dan database milik pengembang jaringan website. Sebelum memilih dan menentukan layanan hosting, ada baiknya bagi para pengembang situs jaringan untuk mengetahui jenis-jenis layanan hosting yang ada. Biasanya setiap layanan menawarkan banyak keuntungan-keuntungan untuk penggunanya.

Ada beberapa jenis hosting yang dapat digunakan oleh pengembang situs jaringan seperti layanan hosting dengan shared web hosting. Kemudian layanan web hosting cloud server atau cloud hosting, layanan WordPress Hosting, layanan dedicated hosting, web hosting unlimited, dan yang terakhir yaitu layanan VPS hosting. Namun yang akan dijelaskan pada artikel ini hanya ada tiga yaitu layanan cloud hosting, layanan dedicated hosting, dan layanan shared hosting.

Setiap perusahaan yang menawarkan fitur layanan web hosting untuk kebutuhan situs jaringan, sudah dipastikan bahwa mereka akan menewarkan beberapa opsi untuk pilihah hosting dengan jenis hosting yang berbeda-beda. Namun kebanyakan dari perusahaan penyedia jasa layanan hosting akan menawarkan tiga produk layanan untuk web hosting, seperti cloud hosting, layanan dedicated hosting, dan yang terakhir yaitu layanan shared hosting.

Artikel ini akan menjelaskan masing-masing dari jenis web hosting ini dari mulai spesifikasi, kelebihan bahkan sampai kekurangan yang dimiliki. 

Cloud hosting

website cloud

Layanan web hosting yang berjenis cloud hosting memberikan jaminan bahwa pengembang situs jaringan tidak perlu memiliki pengetahuan secara dalam mengenai teknis mengenai cara bagaimana menggunakan sumber daya yang besar. Jenis web hosting yang berjenis cloud hosting memberikan tawaran kemudahan untuk pelanggan yang menggunakan layanan hosting jenis ini, dan juga layanan hosting jenis cloud hosting ini menawarkan kapasitas penyimpanan dan bandwith yang cukup tinggi bila dibandingan layanan web hosting lainnya.

Kelebihan yang ditawarkan dari web hosting yang berjenis cloud hosting adalah sangat memudahkan bagi pengguna dalam pengoperasiannya. Pengguna sebagai pengembang situs jaringan juga memiliki kuasa penuh untuk mengatur situs jaringannya, sehingga waktu untuk mengembangkan jaringan website tidak perlu terlalu lama dan habis sia-sia.

Keunggulan yang penting bagi web hosting yang berjenis cloud hosting ini adalah mekanisme yang ditawarkan, karena database dan konten-konten multimedia yang dimiliki pengguna diduplikasi dan diletakkan untuk disimpan di beberapa server lainnya, sistemnya seperti gotong royong, sehingga jika salah satu server mengalami masalah, maka server yang lain akan aktif untuk membantu server lain yang sedang bermasalah, sehingga situs jaringan akan tetap bisa diakses dengan kecepatan yang sama pada saat sebelum server bermasalah.

Selain itu sumber daya yang dimiliki web hosting yang berjenis cloud hosting ini tidak digunakan secara bersamaan di satu waktu seperti layanan web hosting yang dimiliki oleh shared hosting, sehingga akan ada selalu kemungkinan bahwa situs jaringan anda tidak melambat apabila sedang banyak pengunjung yang mengunjungi website. Namun tetap saja, di balik kelebihan pasti ada kekurangannya, selain kemudahan yang ditawarkan oleh web hosting yang berjenis cloud hosting adalan situs jaringan akan dikendalikan oleh penyedia layanan, layanan ini cukup memakan biaya yang tidak murah, akan memakan biaya yang cukup mahal, namun kembali lagi ke kebutuhan masing-masing pengguna. 

Dedicated hosting

website dedic

Layanan web hosting berjenis dedicated hosting ini sebenarnya merupakan jenis pembaharuan atau kelas yang lebih unggul dari layanan web hosting berjenis VPS hosting. Layanan web hosting berjenis dedicated hosting ini menawarkan kemudahan kepada penggunanya sebagai pengembang jaringan website agar website dikendalikan oleh penyedia layanan, selain itu layanan web hosting jenis dedicated hosting ini juga menawarkan kapasitas penyimpanan dan bandwith yang tinggi sama seperti layanan web hosting berjenis cloud hosting. Namun perbedaannya, layanan web hosting berjenis dedicated hosting ini memiliki satu server yang hanya digunakan oleh satu pengguna saja, berbeda dengan layanan web hosting yang lain dimana satu server digunakan oleh banyak pengguna. 

Keunggulan yang ditawarkan oleh layanan web hosting berjenis dedicated hosting adalah terletak pada servernya. Bayangkan saja server yang ada, hanya didedikasikan untuk satu pengguna, sehingga pengguna sebagai pengembang situs jaringan tidak perlu khawatir bila situs yang sedang dikembangkan akan down sewaktu-waktu karena banyaknya pengguna di dalam satu server. Kapasitas penyimpanan untuk file, data, dan konten-konten multimedia pun jauh lebih besar bila dibandingkan dengan layanan web hosting yang lain, seperti layanan web hosting berjenis dedicated hosting, layanan web hosting berjenis shared hosting bahkan pada layanan web hosting berjenis VPS hosting sekalipun.

Layanan web hosting yang sudah didedikasikan ini sangat pas rasanya untuk pengguna sebagai pengembang situs jaringan yang ingin menjadikan situsnya high traffic website dengan pengunjung yang banyak setiap harinya. Keunggulan yang lain yaitu adanya root access bagi situs jaringan, kemudian adanya juga keunggulan seperti IP yang sudah didedikasikan, serta keunggulan yang itu memberikan kuasa penuh pada penggunanya untuk memiliki sistem operasi dan kontrol pada panel yang bebas. 

Namun tetap saja untuk hosting sebagus ini, dengan server pribadi yang didedikasikan untuk satu pengguna, masih ada kekurangan yang dimiliki oleh layanan web hosting berjenis dedicated hosting ini, seperti  pengoperasian pada hosting yang walupun sudah didedikasi, pengguna tetap harus memiliki pengetahuan yang lebih luas dan lebih banyak untuk teknisi dengan level yang cukup tinggi, karena penyedia layanan hosting tidak mengelola server tersebut, melainkan kelola penuh hanya ada pada pengguna itu sendiri.

Web hosting dedicated hosting ini merupakan salah satu jenis hosting yang memiliki biaya yang paling mahal. Bila dibandingkan dengan layanan web hosting jenis cloud hosting, dan layanan web hosting jenis shared hosting.

Shared hosting

Bagi para pengguna pemula yang ingin terjun di dunia bisnis situs jaringan, shared hosting merupakah salah satu jenis web hosting yang tepat untuk pengguna yang memiliki sedikit pengetahuan dalam mengoperasikan dan mengembangkan situs jaringan. Selain itu layanan web hosting berjenis shared hosting sangat pas dan tepat untuk pengguna dengan situs jaringan yang belum memiliki lalu lintas pengunjung yang tinggi dengan pengunjung yang tidak ramai di situsnya.

Layanan web hosting berjenis shared hosting ini juga memiliki keunggulan untuk para penggunanya sebagai pengembang situs jaringan. Karena pada kenyataannya, layanan web hosting berjenis shared hosting ini memberikan kemudahan dengan semua sistem yang sudah diatur sedemikian rupa. Penyedia layanannya yang akan mengelola dan mengatur situs jaringan sehingga pengembang situs jaringan tidak perlu khawatir akan situsnya. Selain itu pengguna juga dapat memegang kontrol panel yang mudah untuk dioperasikan sendiri.

Ada lagi kelebihan yang ditawarkan oleh layanan ini yaitu harga yang sangat terjangkau untuk kebutuhan situs jaringan. Karena bila dibandingkan dengan layanan web hosting yang lain, layanan web hosting berjenis shared hosting ini memang yang paling murah. Namun ada kekurangannya juga pada layanan web hosting ini, walaupun memang mudah digunakan untuk para pemula web developer. Layanan ini memiliki sumber daya yang sangat terbatas. Selain itu layanan ini juga memiliki server yang digunakan oleh banyak website. Sehingga tidak perlu heran jika menggunakan layanan web hosting ini di kemudian hari situs jaringan akan melamban karena adanya overload. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *