Kekurangan-Kekurangan Saat Menggunakan Layanan Hosting Gratis

web hosting

Menggunakan layanan hosting untuk keperluan situs jaringan sama saja dengan menyewa tempat untuk menyimpan kebutuhan data dan file situs jaringan. Data-data yang disimpan di dalam layanan hosting meliputi kebutuhan gambar, dokumern, surat elektronik, program, skrip data serta kebutuhan database.

Tentu saja layanan hosting ini dapat dirasakan dengan berselancar di dunia maya. Karena setiap kegiatan di program yang membutuhkan jaringan koneksi internet, hanya dapat diakses apabila ada koneksi dengan internet. 

Layanan hosting ada banyak variasi harganya, dari yang sangat mahal sampai harga sangat murah. Bahkan, yang gratis pun juga ada yang menawarkan. Namun tentu saja setiap variasi yang ditawarkan oleh layanan hosting ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihannya sendiri, tentu saja, layanan free hosting memberikan fasilitas layanan hosting tanpa dikenakan biaya apapun kepada penggunanya. Biasanya hanya menggunakan layanan internet yang ada, maka dari itu layanan yang gratis ini dibutuhkan jaringan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Jadi tentu saja , apabila pengguna tidak memiliki jaringan koneksi internet, maka pengguna tersebut tidak dapat menggunakan layanan hosting ini. Untuk pengembang situs dengan mobilisasi tinggi, tentu saja tidak dapat menggunakan fasilitas ini bila tidak memiliki akses internet yang stabil. Apalagi jika memang pengguna yang memanfaatkan layanan hosting gratis ini tidak berlangganan layanan internet, segalanya akan terasa sia-sia. 

Artikel ini akan membahas dengan lengkap kelemahan apa saja yang ditawarkan oleh layanan hosting secara cuma-cuma, tidak berbayar, alias gratis. 

Kelemahan pertama

Kelemahan pertama yang akan dibahas yaitu, waktu pada saat penggunakan fasilitas layanan hosting yang tidak berbayar. Ada benarnya bahwa memang yang gratis itu tidak selalu menyenangkan, contohnya saja pada layanan hosting yang gratis. Layanan ini hanya dapat dipakai kurun waktu yang dapat dihitung, artinya memang layanan gratis ini tidak bisa digunakan selamanya.

Layanan hosting yang gratis memang dapat menghemat pengeluaran biaya untuk meluncurkan situs jaringan. Namun setelahnya, jika waktu layanan hosting gratis ini habis maka pengembang situs jaringan harus membayar lebih banyak lagi. Semuanya kembali ke tujuan dan kebutuhan para pengelola situs jaringan, apakah situs yang ingin diluncurkan hanya untuk percobaan dan main-main atau memang situs yang diluncurkan dengan tujuan yang serius.

Kelemahan kedua

Kelemahan selanjutnya yang ditawarkan oleh layanan hosting yang tidak berbayar atau gratis adalah kapasitas pada layanan hosting tersebut sangat terbatas dan tidak sebebas layanan hosting yang berbayar. Jumlah kapasitas yang sedikit atau terbatas akan mempengaruhi banyaknya konten yang akan dimasukkan ke situs jaringan yang akan diluncurkan.

Apabila kapasitas yang ditawarkan terbatas, maka sudah pasti konten pun akan lebih sedikit bila dibandingkan dengan kapasitas yang besar sehingga pengguna dapat memasukkan konten dengan leluasa tanpa adanya batasan. Biasanya, rata-rata layanan hosting yang tidak berbayar menawarkan kapasitas kurang dari satu giga, hal ini tentu sangat sedikit. Hal ini mengakibatkan rasa ketidaknyamanan seperti pada saat ingin memasukkan konten seperti gambar-gambar penunjang konten, video, audio, atau video animasi dan bahkan data-data yang lainnya, karena kapasitas yang sedikit makan konten yang dimasukkan pun terbatas.

Hal ini penting diperhatikan untuk pengembang situs jaringan yang ingin mengelola situsnya hingga jutaan pengunjung, karena pengunjung yang banyak biasanya akan meninggalkan jejak feedback seperti komentar pada situs, permasalahan ini membutukan kapasitas penyimpanan yang tentu tidak sedikit, karena akan bila komentar menumpuk dan kapasitas kurang dari satu giga, akan mengakibatkan performa situs menurun dan menjadi lambat.

Kelemahan ketiga

Tidak perlu heran bila keamanan yang ditawarkan oleh layanan hosting gratis tidak terjamin, kelemahan yang ke tiga ini memang menjengkelkan bagi para pengembang situs jaringan. Kelemahan ini juga sangat mengkhawatirkan bagi pengelola untuk situsnya, karena jerih payah selama ini dalam merancang situs, kemudian memikirkan domain, instalasi data dan script, kemudian konten konten multimedia lain seperti gambar, audio, dan video, akan menjadi sia-sia, karena semua data yang sudah dirancang akan hilang dari situs jaringan, lebih buruknya lagi saat kasus ini menghilangkan situs jaringan seutuhnya dari server.

Hal ini tentu hal yang sangat tidak diinginkan, apalagi bagi para pengelola situs jaringan yang sudah memiliki banyak pengunjung di situsnya, rasanya seperti mimpi buruk di siang hari, sudah panas, tertimpa sial pula. Jangan ragu terhadap penggambaran kasus ini, karena sudah banyak yang merasakan hal seperti ini pada situs jaringan kesayangannya apalagi untuk para pengembang situs jaringan yang sudah menghabiskan banyak waktunya untuk situsnya. Lalu, apakah pembaca yang akan menjadi target selanjutnya?

Kelemahan keempat

Kekurangan selanjutnya yaitu kurangnya bala bantuan untuk membantu pengembang situs jaringan yang sedang dilanda kesulitan. Apabila ingin mencoba layanan hosting yang tidak berbayar jangan pernah bermimpi untuk dilayani oleh layanan pendukung pelanggan seperti customer service setiap waktu, karena layanan ini hanya ada untuk kaum pengembang situs jaringan yang rela mengeluarkan uangnya untuk membeli jasa layanan hosting, dengan kata lain tidak gratis.

Akan ada banyak permasalahan yang dialami oleh pengembang situs jaringan pada saat merancang situsnya, seperti adanya bug pada situs, dan hal ini biasanya dibantu pecahkan oleh adanya layanan customer service yang akan menghubungkan ke pihak internal provider yang digunakan. Rasanya sangat sulit sekali bila tidak ada yang membantu bila sedang mengalami kesulitan, tapi tenang saja, layanan hosting tidak berbayar ini tetap menyediakan customer service untuk penggunanya.

Namun jangan berharap bahwa permasalahan yang dialami akan diselesaikan bahkan dibalas dengan cepat, karena biasanya respon pada layanan hosting gratisan ini cukup memakan waktu yang lama, padahal bila gangguan pada situs tidak segera diperbaiki akan merugikan situs jaringan yang sudah dirancang sedemikian rupa. Maka dari itu pertimbangkanlah secara matang, terlebih lagi untuk layanan hosting gratis ini, karena pada saat pengguna sedang kesulitan, rasanya akan berkali-kali lipat lebih sulit jika tidak ada pihak yang membantu menyelesaikan

Jadi bagaimana, tertarik menggunakan layanan hosting gratis? Pikirkan selalu setiap pilihan secara matang-matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *