Apa itu Cloud Hosting? Pengertian dan Manfaat Cloud Hosting

Jika anda masih belum begitu mengetahui tentang beberapa macam web hosting, cloud hosting adalah salah satu web host yang digemari oleh banyak pengguna. Secara sederhana, cloud hosting adalah layanan Internet yang memungkinkan bisnis memanfaatkan cloud untuk memenuhi kebutuhan internet mereka dari jarak jauh.

Cloud hosting biasanya melibatkan penggunaan perangkat lunak komputasi awan untuk membagi ruang sistem komputer virtual (VPS) menjadi beberapa perangkat penyimpanan virtual, masing-masing dapat diakses dan dikelola dari jarak jauh oleh pemilik bisnis. Dengan cloud hosting, bisnis tidak lagi harus membeli atau memelihara server khusus (dedicated server). Sebaliknya, mereka dapat menyewa atau menyewakan server mereka sendiri, yang kemudian dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Apa itu Virtual Server?

Virtual server seperti mesin virtual yang ada didalam sistem komputer fisik yang sama, dan ketika klien menggunakan server, sistem operasi server yang akan digunakan sebagai pengganti sistem operasi host.

Dengan demikian, pemilik bisnis tidak perlu membeli atau memelihara server khusus, karena penyedia hosting menawarkan seluruh sistem secara gratis, dan kemudian berbagi tanggung jawab untuk mengelola server di antara klien. Pemilik bisnis hanya perlu mengurus update software, patch keamanan, dan layanan lain yang disediakan oleh penyedia hosting.

Manfaat Utama Cloud Hosting

Salah satu manfaat utama cloud hosting adalah pengurangan biaya pemeliharaan server. Karena server VPS digunakan bersama dengan banyak klien, beban kerja di server tersebar di antara banyak klien. Hal ini dapat diartikan bahwa penyedia hosting hanya perlu membeli satu mesin daripada beberapa mesin sekaligus, sehingga menghemat uang perusahaan hosting di server itu sendiri. Ini juga memungkinkan penyedia hosting untuk mengurangi biaya infrastrukturnya, karena dapat mengalokasikan mesin ke pengguna dengan tingkat penggunaan terendah.

Manfaat utama lainnya dari cloud hosting adalah kemampuannya untuk dijalankan pada perangkat keras sebanyak atau sesedikit yang diperlukan. Saat Anda menyewa server, Anda mungkin menggunakan server yang terletak di pusat data atau di jaringan lokal Anda sendiri.

Namun, harga mesin server biasanya didasarkan pada ruang dan daya yang dikonsumsi, sehingga mahal untuk beberapa bisnis. Jika Anda ingin menjalankan situs web Anda atau menggunakan fitur-fiturnya secara penuh, Anda harus menyewa server yang memiliki semua perangkat keras yang diperlukan untuk tujuan itu. Hal ini membuat cloud hosting sangat terjangkau untuk bisnis kecil, terutama karena total biaya sewa server hanya mencakup perangkat keras yang sebenarnya dan biaya konsumsi dayanya saja.

Sehingga, Anda tidak perlu membayar biaya perangkat keras apa pun atas dasar per situs yang anda miliki. Hal yang umum jika anda menyewa server khusus, anda harus melihat berapa banyak perangkat keras yang harus Anda bayar untuk menghosting situs web di server itu, atau kebutuhan lain seperti badwidth dan juga disk space.

Ini adalah keuntungan lain dari menyewa cloud hosting, terutama jika Anda baru menjalankan bisnis dan akan memulai membuat website untuk usaha Anda. Metode ini juga bekerja dengan baik terutama untuk perusahaan kecil yang tidak mampu membeli komputer mahal.

Terakhir, cloud hosting terjangkau karena tidak terlalu sulit untuk disiapkan. Banyak penyedia hosting menawarkan server di cloud mereka sendiri dan memungkinkan Anda menginstal sistem operasi pilihan Anda. Bahkan dimungkinkan untuk menyewa server dari mereka, yang akan dapat menjalankan halaman web Anda di satu server tanpa Anda harus menginstal apa pun.

Anda bahkan bisa mendapatkan server mandiri yang dikelola sendiri dengan aplikasi backup yang host pasangkan di dalamnya yang memungkinkan Anda juga melakukan backup harian.

Apakah Cloud Hosting Bagus Untuk Banyak Website?

Banyak host web menggunakan cloud computing untuk menghemat uang pada penggunaan server dan bandwidth. Ini bisa bagus untuk beberapa situs, tetapi apa manfaat sebenarnya dari cloud Hosting dan apakah itu benar-benar bagus untuk banyak situs?

Jawaban atas pertanyaan ini sangat tergantung pada jenis situs yang Anda jalankan. Ada banyak jenis cloud hosting. Beberapa di antaranya termasuk shared hosting, dedicated, dan private, yang masing-masing sangat berbeda dan menawarkan berbagai keuntungan berbeda.

  • Shared hosting

Shared hosting adalah tempat satu situs web di server berbagi sumber daya dengan semua situs web lain yang dihosting di server yang sama. Saat Anda memutuskan untuk menggunakan shared web host, Anda sebenarnya berbagi sumber daya dengan banyak situs lain.

Misalnya, jika Anda memiliki situs yang menggunakan WordPress sebagai CMS, dan situs Anda memiliki ratusan pengguna, situs lain juga akan menggunakan WordPress untuk melakukan hal-hal mereka sendiri di server. Shared host web memberi semua pengguna akses ke seluruh server, jadi kemungkinan besar masing-masing dari mereka akan memiliki situs mereka sendiri di server.

  • Self hosting

Jenis cloud hosting yang paling populer dikenal sebagai “Self-Hosted”. Server disimpan oleh administrator server, dan yang harus Anda lakukan hanyalah masuk dan menggunakan situs web. Situs web Anda akan dihosting oleh seseorang yang memiliki server, dan pemilik atau administrator biasanya akan memberi Anda semua alat yang Anda butuhkan. Hal ini termasuk alat yang dibutuhkan untuk mengelola situs web Anda dan membuat perubahan apapun. Anda akan memiliki kendali penuh atas situs web tersebut, tetapi tetap akan dikelola oleh orang lain.

  • Dedicated hosting

Jika Anda memiliki situs web dan ingin membawanya ke tingkat yang lebih tinggi, maka dedicated web hosting adalah yang cocok anda digunakan. Pemilik akan memiliki server, dan mereka akan bertanggung jawab untuk menjaga agar server berjalan lancar, dan menjaganya tetap aman.

Hal ini karena ketika Anda menggunakan dedicated hosting, Anda dapat mengontrol situs web dari pihak ketiga, dan selama Anda tetap menghadapi masalah keamanan, Anda dapat memiliki kendali penuh atas situs web itu sendiri.

  • Private hosting

Private cloud adalah jenis cloud hosting yang paling hemat biaya, karena Anda tidak perlu membagikan server Anda dengan situs lain. Namun, ada beberapa kelemahan menggunakan private cloud. Salah satunya adalah situs web Anda tidak akan memiliki akses ke Internet saat tidak digunakan. Kerugian lainnya adalah, jika Anda membuat kesalahan di situs web Anda, maka itu akan tetap ditampilkan ke semua situs lain, meskipun itu di server pribadi Anda.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, cloud hosting menyediakan opsi yang baik untuk sebagian besar pemilik bisnis. Ini akan menghemat banyak uang untuk perangkat keras dan memberi peluang para pebisnis untuk menghemat biaya dalam memenuhi kebutuhan website mereka. Yang lebih penting, cloud web hosting memberikan solusi untuk banyak kebutuhan bisnis yang terus berkembang. Pastikan anda mengetahui jenis cloud hosting yang cocok untuk website Anda, sehingga Anda bisa lebih mengerti dari segi pengelolaan, serta alokasi biaya untuk web usaha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *