Kekurangan yang Akan dirasakan pada Saat Menggunakan Layanan Web Hosting Cloud Server

cloud

Layanan web hosting menggunakan sistem layanan cloud hosting memang cukup dikenal oleh banyak kalangan yang terjun di bidang situs jaringan, karena banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh layanan web hosting cloud server, kepada pelanggannya bila dibandingan dengan hosting berjenis shared hosting. Walaupun memang pada jaman dahulu yang digunakan oleh situs jaringan adalah layanan server yang didekasi secara sistem yang standard saja. Satu sistem yang ditawarkan, biasanya akan dipakai untuk satu server yang nantinya server tersebut akan digunakan oleh banyak jaringan.Apabila menilai ulang kembali apa itu layanan web hosting cloud server yang menjadi sebuah layanan hosting untuk situs jaringan yang memungkinkan adanya server yang saling terhubung antara satu server dengan yang lainnya. 

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh layanan web hosting cloud server. Akses yang mudah, karena tidak perlu mengakses situs jaringan di komputer dan perangkat yang memiliki IP yang sama, karena data pada server dapat diakses dimana saja.

Kemudian kelebihan yang lain yaitu memungkinkan pengembang situs jaringan untuk menghemat biaya untuk peluncuran situsnya, karena untuk perawatan layanannya pun biasanya penyedia jasa layanan web hosting cloud server akan membantu perawatan pada situs, kelebihan lain yang ditawarkan yaitu memungkinkan pengguna layanan web hosting cloud server untuk dapat  mengatur servernya dengan mudah, pengguna juga dapat dengan mudah memonitoring dan mengatur servernya selama adanya koneksi jaringan internet dengan situs jaringan secara langsung dan stabil, selain itu pengguna juga dapat dengan mudah memperbaharui servernya dengan mudah, menginstalasi perangkat lunak untuk kebutuhan layanan web hosting cloud server dengan mudah karena tools yang ditawarkan oleh layanan ini sudah dirancang secara auto. Kelebihan yang lainnya yaitu pengguna layanan ini dapat dengan mudah untuk meningkatkan data yang sudah tersedia sebelumnya, karena biasanya layanan web hosting cloud server dirancang untuk ketersediaan yang tinggi.

Di setiap sistem layanan akan ada kelebihan dan kekurangan yang dihadirkan, beberapa yang sudah dibahas merupakan beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh layanan web hosting cloud server, namun artikel kali ini akan membahas mengenai kekurangan apa saja yang ada pada layanan web hosting cloud server. Karena ada baiknya untuk pengembang situs jaringan mengenal kelemahan-kelemahan layanan hosting yang digunakannya, agar tidak ada kekecewaan di kemudian hari. Berikut adalah kekurangan-kekurangan yang ada pada layanan web hosting ini: 

  1. Pelayanan yang tidak sepenuhnya merupakan kelemahan pertama yang akan dibahas lebih dalam yang ada pada layanan web hosting cloud server. Walaupun memang pada dasarnya, layanan web hosting cloud server menawarkan banyak sekali kelebihan-kelebihan dan kemudahan bagi pengembang situs jaringan untuk mengembangkan situsnya, apalagi layanan web hosting cloud server juga memudahkan penggunanya dari segala aspek pada saat pengoperasian pada layanan hosting yang satu ini. Namun tetap saja, tetap ada batasan-batasan yang ditemui oleh pengguna pada saat mengoperasikan sistem layanan web hosting cloud server, pelayanan yang diberikan tidak sepenuhnya, dalam artian bahwa memang bisa saja terjadi kasus pada layanan web hosting cloud server yang tidak konsisten memberikan layanan mereka 100% kepada pelanggannya, hal ini mungkin juga dapat menjadi pertimbangan pada saat ingin menggunakan layanan web hosting cloud server. 
  2. Masalah kedua yang dibahas terkait kekurangan yang ada pada layanan web hosting cloud server yaitu masalah penyesuaian bagi penggunanya. Karena biasanya memang setiap pengusaha di perusahaan yang memiliki situs jaringan dan menggunakan layanan web hosting cloud server, harus tetap mempertimbangkan aturan-aturan dari bisnis usaha yang dimiliki. Layanan web hosting cloud server secara teorinya memang diharapkan untuk mampu menyesuaikan dan menyamakan tingkatnya untuk penyimpanan data kebutuhan situs jaringan seperti konten multimedia baik gambar, video dan audio, kemudian database yang ada di dalam layanan web hosting cloud server. Apabila berbicara terkait umur, layanan web hosting cloud server ini memang bisa dikatakan cukup bari di bidang teknologi, sehingga memang banyak penggunanya yang menggunakan layanan ini adalah anak-anak generasi millenial, maka ada baiknya, pengelola situs jaringan untuk selalu berhati-hati dalam hal penyimpanan data pada layanan web hosting cloud server yang akan digunakan, bahkan pada saat digunakan.
  3. Kekurangan yang lain yaitu masalah privasi yang ada pada layanan web hosting cloud server, karena harus selalu ingan bahwa layanan ini menggunakan teknologi dan internet melalui layanan web hosting cloud server, maka konten multimedia dan database yang disimpan di dalam server, bukanlah server milik anda sendiri. Karena provider pada layanan web hosting cloud server bisa mengakses data yang dimiliki oleh pengembang situs jaringan, yang mungkin tanpa sepengetahuannya sendiri. Hal ini menjadi salah satu kekurangan yang nyata adanya pada layanan web hosting cloud server.

Beberapa hal yang sudah dibahas merupakan kekurangan-kekurangan dan masalah yang akan ditemui pada layanan web hosting cloud server, yang mungkin akan ditemui sewaktu-waktu apabila menggunakan layanan ini untuk situs jaringan yang ingin diluncurkan.

Selalu pertimbangkanlah pada saat memilih layanan hosting untuk keperluan situs jaringan. Walaupun memang provider layanan hosting yang dikatakan selalu lambat dalam melayani banyaknya pemilik situs jaringan, kemudian masalah pada penyesuaian situs milik perusahaan, sampai maslah pada privasi konten dan data, namun tetap layanan web hosting cloud server ini sangat direkomendasikan untuk mengembangkan situs jaringan. Selain memang fitur yang sangat mendukung penggunanya sangat menarik dan menjanjikan, harga yang ditawarkan juga benar-benar bisa dipertimbangkan dengan kondisi keuangan anak muda generasi millenial.

Untuk masalah keamanan data sebenarnya bisa ditangani dengan baik, karena berdasarkan data yang diperoleh dari information age bahwa, Control Self Assessment atau CSA sebagai salah satu teknik resiko assesment yang digunakan oleh banyak perusahaan dengan beberapa keunggulan dalam penerapan sistemnya.

Control Self Assessment atau CSA menyarankan kepada pemilik usaha yang memiliki situs jaringan agar menerapkan sistem otentikasi dan enkripsi multifaktor untuk melindungi konten dan data pada server di situs jaringan untuk menghindari kemungkinan adanya pelanggaran pada data dan konten. Sistem otentikasi ini bisa dilakukan dengan melibatkan sistem verifikasi melalui dua sistem seperti melalui, telepon yang didaftarkan sebelumnya. Fungsinya, untuk mencegah terjadinya pelanggaran pada data di situs jaringan, sehingga pengembang situs jaringan akan merasa aman terhadap situsnya. Namun kembali lagi pada kelebihan yang ada pada  layanan web hosting cloud server yang menjanjikan keamanan bagi penggunanya, karena pelanggaran yang ada di dunia maya biasanya bergantung pada sistem keamanan yang tidak kuat pada sistem di setiap layanan.

Setiap kelebihan dan kekurangan dapat selalu menjadi pertimbangan bagi setiap pengembang situs jaringan sebelum menerapkan sistem pada situs jaringannya. Semua hal ini kembali lagi ke setiap pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *