Jenis Web Hosting yang Populer Digunakan

jenis-jenis web hosting 1

Anda mungkin sudah mengetahui tentang pengertian dari web hosting, dan beberapa perusahaan yang menyediakan layanan web hosting. Tetapi apakah Anda sudah mengetahui tentang jenis-jenis dari web hosting yang populer digunakan oleh pengguna? Jika belum, kami akan mengulas lebih dalam apa saja jenis web hosting yang populer digunakan sampai sekarang.

  1. Managed Hosting

Jenis web hosting yang paling populer adalah managed hosting. Jenis hosting ini memungkinkan pelanggan untuk meng-host situs web mereka di server mereka sendiri dan kemudian membayar biaya bulanan untuk layanan hosting mereka. Jenis layanan ini biasanya memiliki banyak fitur yang disertakan dalam paket layanan. Tempat penyedia layanan akan mengawasi, memelihara, memantau hosting yang digunakan.

Dengan jenis hosting ini, Anda akan dapat menggunakan perangkat lunak server web untuk mengelola server Anda dan membuatnya dapat diakses oleh pelanggan Anda. Ini dapat mencakup pengaturan akun email, database, dan aplikasi server Anda lainnya. Ini dapat dikelola dengan perintah sederhana.

  • Dedicated Hosting

Jenis web hosting paling populer berikutnya adalah dedicated hosting. Jenis hosting ini berbeda dari hosting terkelola karena merupakan layanan hosting khusus yang lengkap. Artinya, situs web Anda akan dihosting di server Anda sendiri. Anda tidak diharuskan berbagi server dengan host web lain, dan Anda akan memiliki kendali penuh atas perangkat lunak server.

Ada banyak keuntungan menggunakan dedicated hosting, termasuk penghematan biaya. Namun, ada juga kerugian menggunakan server khusus. Jenis server ini tidak dapat digunakan untuk menyediakan web hosting untuk beberapa klien yang berbeda sekaligus.

  • Shared Hosting

Jenis web hosting yang paling tidak populer adalah shared hosting. Jenis hosting ini biasanya hanya digunakan oleh bisnis kecil, atau situs web yang tidak membutuhkan banyak dukungan atau pemeliharaan. Shared hosting merupakan layanan hosting dengan menaruh satu account bersamaan dengan account lainnya dalam satu server.

Untuk pemula dan masih baru dalam pembuatan website akan lebih memilih menggunakan shared hosting dibandingkan hosting lainnya, karena biaya lebih murah, dan masih belum begitu mengetahui seluk beluk dari kebutuhan hosting. Dikarenakan berbagi dengan account lainnya, keamanan juga tergantung dari satu server saja. Semisal satu server tersebut mengalami kendala, account lainnya juga mengalami hal yang sama.

Aspek Penting Untuk Memilih Web Hosting

Layanan hosting dirancang untuk menawarkan opsi terbaik untuk Anda dan kebutuhan Anda. Anda akan menemukan harga terbaik berdasarkan kebutuhan Anda, dan fitur yang disertakan dalam layanan.

Aspek penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih jenis hosting yang paling populer adalah jenis dukungan yang akan Anda terima. Ini termasuk berapa lama Anda perlu menggunakan layanan hosting. Jika Anda tidak akan menggunakan layanan hosting selama lebih dari beberapa tahun, maka tidak ada gunanya menghabiskan uang ekstra di layanan harga mahal.

Pertimbangan penting lainnya saat memilih jenis web hosting yang paling populer adalah jumlah bandwidth yang akan diberikan. Anda harus memiliki bandwidth yang cukup agar Anda dapat mengunggah dan mengunduh informasi dari situs web Anda.

Ukuran situs web Anda juga harus dipertimbangkan, karena Anda harus memikirkan desain dan isinya saat memilih paket hosting. Untuk situs web kecil, paket shared hosting mungkin adalah semua yang Anda butuhkan untuk memulai.

Jenis web hosting akan didasarkan pada jumlah halaman web yang ingin Anda hosting di server Anda. Meskipun halaman web anda sekarang lebih sedikit, Anda tetap harus memiliki akses ke sana jika Anda memutuskan untuk menambahkan yang baru. Ada berbagai paket yang tersedia untuk dipilih, dan ini sangat bergantung pada apa yang ingin Anda lakukan.

Ada banyak jenis paket dan fitur hosting yang dapat digunakan untuk membuat situs web Anda. Dengan meneliti pilihan Anda terlebih dahulu, Anda akan dapat memilih rencana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Manakah yang Lebih Baik? Shared Hosting atau Dedicated Hosting?

Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang, dan juga salah satu yang sulit dijawab.

Ada dua faktor utama yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih mana yang terbaik antara dedicated hosting dan shared hosting. Kedua jenis hosting ini sangat populer, tetapi mereka memiliki beberapa perbedaan yang mungkin ingin Anda pertimbangkan saat memilih host. Di sini kita akan melihat masing-masing jenis dan melihat apa kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dedicated hosting telah ada sejak lama. Keuntungan terbesar yang dimiliki adalah bahwa itu sepenuhnya didedikasikan untuk Anda dan situs web Anda. Ini benar-benar terpisah dari situs web lain dan hanya memungkinkan Anda menggunakan sebagian dari server.

Saat Anda memilih untuk menggunakan jenis hosting ini, Anda dapat menggunakan semua sumber daya server, termasuk perangkat lunak, dan Anda bebas menginstal apa pun yang Anda inginkan ke situs web Anda. Mereka juga tidak berbagi server dengan situs web lain. Ini menjadikannya pilihan yang bagus untuk orang-orang yang tidak memiliki banyak ruang di server mereka dan akan dapat membuat situs web yang benar-benar terpisah dari situs web yang berbagi server dengan orang lain.

Shared hosting, di sisi lain adalah opsi yang sangat populer yang dipilih banyak perusahaan untuk situs web mereka. Shared hosting memungkinkan Anda untuk menggunakan semua sumber daya server, tetapi tidak memberi Anda kebebasan yang Anda miliki dengan dedicated hosting. Shared hosting memungkinkan Anda berbagi server dengan situs web lain yang memiliki ukuran dan tujuan yang serupa.

Shared hosting juga memberi Anda ruang terbatas di server Anda. Anda hanya akan diizinkan untuk menggunakan bandwidth server yang tersedia, yang bisa sangat membatasi. Anda juga akan dibatasi pada seberapa banyak informasi yang dapat disimpan di server, dan Anda harus menggunakan program perangkat lunak yang ada di server.

Pada akhirnya, Anda harus membuat keputusan sendiri tentang mana yang terbaik, shared hosting atau dedicated hosting. Karena keduanya memiliki pro dan kontra, dan pada akhirnya Anda harus membuat keputusan yang terbaik untuk situs web Anda. Selama Anda tahu fitur apa yang akan Anda gunakan di situs Anda, dan jumlah bandwidth yang tersedia di server Anda, Anda seharusnya tidak kesulitan menemukan host yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Kepopuleran jenis web hosting tidak bisa menjadikan acuan untuk anda memilih layanan hosting, karena semua dikembalikan kepada kebutuhan pengguna. Budget yang digunakan akan sangat berpengaruh pada jenis hosting yang akan dipilih, karena dari tiga jenis web hosting tersebut sangat berbeda di sisi harga. Bisa dilihat dari perbedaan antara dedicated hosting dan shared hosting, jika Anda ingin suatu hosting yang tidak ribet dan siap pakai, meskipun Anda harus memakai apa saja yang disediakan, Anda tinggal memilih shared hosting dengan harga yang lebih murah. Tetapi jika Anda memiliki pengalaman dan ingin menggunakan software sendiri, dan tingkat keamanan yang lebih tinggi, Anda tinggal memilih dedicated hosting dengan harga yang lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *